Total Tayangan Halaman

Rabu, 10 Oktober 2012

DEPARTEMEN ILMU ADMINISTRASI FISIP UI



DEPARTEMEN ILMU ADMINISTRASI FISIP UI

Selayang Pandang

Universitas Indonesia menuju World Class Research University
Universitas Indonesia (UI), yang secara resmi berdiri sejak tanggal 2 Februari 1950, mempunyai latar belakang sejarah yang unik. Awalnya dikenal dengan Universiteit van Indonesie yang didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1946. Pemerintah Belanda menyerahkan universitas tersebut kepada Pemerintah Indonesia pada tahun 1950 dan sejak itu dinamakan Universitas Indonesia. Pada tahun 1951, UI hanya terdiri dari 10 fakultas yang tersebar di lima kota besar: Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Kemudian, cabang-cabang di luar Jakarta tersebut menjadi universitas-universitas atau institut-institut yang berdiri sendiri. Sejak pembentukannya, UI senantiasa konsisten dalam menjalankan pernannya dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas.

Pada tanggal 26 Desember 2000 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 152 tahun 2000, UI ditetapkan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri mandiri berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Dengan status baru sebagai BHMN, UI memiliki kewajiban untuk mengedepankan kinerja pengelolaan sebagai universitas publik yang menerapkan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, akuntabilitas dan transparansi.

Strategi dasar yang dipilih untuk mencapai visi dan misi tersebut dengan melakukan transformasi manajemen dan organisasi sebagai langkah awal, diikuti dengan peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumberdaya, dan dilanjutkan dengan peningkatan keunggulan kompetitif agar mampu mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan. Untuk mengaplikasikan strategi dasar tersebut, Universitas Indonesia berusaha memiliki strategi bidang kegiatan akademis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran  yang berdaya saing tinggi dan mengembangkan kegiatan riset yang unggul.

Sejarah Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI
Salah satu Fakultas yang berada di bawah Universitas Indonesia adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP –UI). FISIP UI yang didirikan sejak tahun 1968 merupakan salah satu fakultas dengan jumlah program dan mahasiswa terbanyak di lingkungan Universitas Indonesia. Saat ini FISIP UI memiliki 8 Departemen, 27 program studi dengan 52 program kekhususan.

Salah satu Departemen yang berada di bawah FISIP UI adalah Departemen Ilmu Administrasi. Departemen Ilmu Administrasi, yang pada awalnya bernama Jurusan Ilmu Administrasi, dibentuk bersamaan dengan lima jurusan lainnya (Publisistik, Ilmu Politik, Kriminologi, Sosiologi, dan Kesejahteraan Sosial) di lingkungan FISIP UI yang dahulu bernama Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia pada 1 September 1962. Pada awal pembentukannya, Jurusan Ilmu Administrasi hanya terdiri dari dua program studi, yaitu Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Administrasi Niaga. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan di sektor perpajakan, maka pada tahun akademik 1981/1982 didirikan Program Studi Ilmu Administrasi Pajak dengan nama Program Studi Ilmu Administrasi Fiskal.

Dalam penyelenggaraan kegiatannya, Departemen Ilmu Administrasi terdiri atas empat program pendidikan: program diploma, program sarjana reguler, program sarjana ekstensi, dan program pasca sarjana (Magister & Doktor).

Ilmu Administrasi pada saat ini telah berkembang menjadi ilmu pengetahuan kebijakan berikut aspek terapan yang multidisiplin. Hal ini diindikasikan oleh berkembangnya paradigma baru yang memperkenalkan konsep-konsep seputar peran sektor publik dan privat dalam keseluruhan aktivitas ekonomi dan sosial dalam sebuah negara. Konsep-konsep baru seperti reinventing government, organizational reform, empowerment, reengineering, dan manajemen pelayanan prima, telah menjadikan studi administrasi sebagai disiplin ilmu yang menantang dan membutuhkan pengembangan yang lebih baik dan serius.

Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia menyadari bahwa dalam memasuki era kompetisi global dan pasar terbuka para lulusan (sarjana) ilmu administrasi di Indonesia akan menghadapi kompetisi yang keras untuk menjamin dapatnya pekerjaan baik di tingkat lokal maupun internasional. Karenanya, adalah merupakan suatu keharusan bagi Departemen Ilmu Administrasi untuk menyiapkan, meningkatkan dan membekali para lulusannya dengan pengetahuan akademik yang prima, pengetahuan dan kemampuan yang lebih aplikatif yang dibutuhkan dalam era kompetisi regional dan internasional.

Visi dan Misi Departemen Ilmu Administrasi

Visi Departemen Ilmu Administrasi
”Sebagai pusat pendidikan dan penelitian unggulan dalam bidang Ilmu Administrasi Negara, Niaga, dan Pajak, yang menjadi unsur utama pengembangan universitas riset bertaraf internasional.”

Misi Departemen Ilmu Administrasi
1)      Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi ilmu administrasi dengan pendekatan interdisiplin dan kemampuan bersaing di dunia internasional yang dilandasi akhlak yang tinggi;
2)      Membangun suasana keilmuan dan masyarakat intelektual dalam bidang administrasi dan organisasi;
3)      Memberikan darma bakti kepada masyarakat dalam pengembangan teori, model, dan pemecahan berbagai masalah organisasi, khususnya di bidang Ilmu Administrasi Negara, Niaga, dan Pajak.

Tujuan Departemen Ilmu Administrasi
1)      Menghasilkan sarjana yang menguasai teori dan metodologi serta mengaplikasikan ilmu administrasi dan mampu menginterpretasikan kebijakan makro pemerintah dan kebijakan mikro organisasi dalam suatu tatanan sistem yang terpadu;
2)      Melakukan penelitian terhadap berbagai masalah administrasi serta melakukan pengembangan konsep dan teori administrasi;
3)      Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pengembangan aplikasi dari konsep-konsep dalam ilmu administrasi.

Strategi Departemen Ilmu Administrasi
1)      Bidang Akademik :
a)      Melaksanakan program Penjaminan Mutu Akademik
b)      Memberi informasi dan dukungan terhadap peneliti dalam melakukan penelitian
c)      Mendorong staf pengajar untuk menghasilkan publikasi karya ilmiah
d)     Mendorong sosialisasi dan internalisasi budaya yang mencakup nilai-nilai dan etik profesional
e)      Pengembangan kegiatan penelitian & pengajaran yang bersifat sama-sebangun secara terencana, terspesialisasi, dan terintegrasi dalam kerangka Research & Teaching Clusters.

2)      Bidang Non Akademik :
a)      Secara aktif mengembangkan berbagai kegiatan konsultasi dan pelatihan dalam format Executive Development Program (EDP)
b)      Menciptakan sinergi lintasprogram pendidikan
c)      Membangun fasilitas fisik, gedung dan fasilitas pendukung
d)     Mengembangkan Program Pengabdian Masyarakat.

Program Pengembangan Utama Departemen Ilmu Administrasi
  1. Program pengembangan kurikulum dan penjaminan kualitas pendidikan dengan melakukan benchmark dan kerjasama pendidikan dengan world-class university.
  2. Peningkatan kualitas belajar mengajar di semua jenjang pendidikan.
  3. Memberi informasi dan mengajak partisipasi sivitas akademika dalam berbagai penelitian Hibah Bersaing termasuk pemberian dana pendamping.
  4. Menyelenggarakan pelatihan metodologi penelitian.
  5. Program penerbitan materi pengajaran dan buku.
  6. Menyelenggarakan Executive Development Program.
  7. Program pengembangan staf pengajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (Program Doktor), beberapa di antaranya mengikuti program profesi (Program jasa asuransi, program akuntan, Certified Financial Planner—CFP®, dll).
  8. Pengembangan Berkala (Jurnal) Ilmiah.
  9. Program kelas percontohan dalam Bahasa Inggris dan pengembangan kelas internasional.
  10. Program pengembangan dan integrasi kurikulum.

Pimpinan Departemen (dh. Jurusan) Ilmu Administrasi
FISIP Universitas Indonesia 1962 – 2009
No.
Nama
Periode Jabatan
1.       
Prof. Dr. Mr. Prajudi Atmosudirdjo
1962 – 1973
2.       
Prof. Dr. R. Tobias Soebekti, MPA
1973 – 1985
3.       
Prof. Dr. Masliana Bangun Sitepu
1985 – 1989
4.       
Prof. Dr. Azhar Kasim, MPA
1989 – 1993
5.       
Prof. Dr. Bhenyamin Hoessein, SH
1993 – 1997
6.       
Dr. Walujo Iman Isworo, M.Ec.(PA)
1997 – 2001
7.       
Prof. Dr. Azhar Kasim, MPA
2001 – 2005
8.       
Prof. Dr.rer.publ. Eko Prasojo, Mag.rer.publ.
2005 - 2009


STRUKTUR ORGANISASI DEPARTEMEN ILMU ADMINISTRASI